Halaman

Jumat, 02 Januari 2015

WARGA NEGARA DAN NEGARA



WARGA NEGARA DAN NEGARA

1.HUKUM,  NEGARA  DAN  PEMERINTAH
-Hukum
 Beberapa perumusan  yang ada, rnasing-masing  menonjolkan  segi tertentu  dari hukum. Di dalam bukunya "Pengantar Dalam Hukum Indonesia", Utrecht memberikan batasan hukum sebagai himpunan eraturan-peraturan  (perintah-perintah  atau larangan-larangan)  yang mengurus  tata tertib dalam  masyarakat  dan karena itu harus ditaati  oleh masyarakat  itu.
·         Ciri hukum adalah  :
adanya perintah  atau larangan ,
perintah  atau larangan  itu harus dipatuhi  setiap orang
·         Sumber-sumber hukum:
Undang-undang, kebiasaan, keputusan-keputusan hakim, trakat, dan pendapat sarjana hukum.
·         Pembagian Hukum Menurut:
 Sumbernya”
“Bentuknya”    
“Tempat Berlakunya 
“Waktu Berlakunya”
“Cara mempertahankannya”
Sifatnya
“Wujudnya”
“Isinya”
-Negara
Negara merupakan alat dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur  hubungan  manusia  dalam masyarakat. Sifat sifat Negara seperti Sifat memaksa, Sifat  monopoli, Sifat  mencakup. Negara harus memiliki unsur seperti harus adanya wilayah, rakyat, pemerintahannya, kedaulatannya, dan tujuan.
·         Bentuk-bentuk Negara sebagai berikut:
Negara  Kesatuan   (Unitarisme)
Adalah  suatu  negara  yang  merdeka  dan  berdaulat,  di  mana  kekuasaan untuk mengurus  seluruh  permerintah  dalam  negara  itu berada  pada Pusat.
Negara  Serikat   (negara   Federasi)
Adalah  negara  yang  terjadi  dari  penggabungan  beberapa  negara  yang semula  berdiri  sendiri  sebagai  negara  yang  merdeka,  berdaulat,  ke  dalam suatu  ikatan  kerjasama   yang  efektif   untuk  melaksankaan   urusan   secara bersama.
Negara   Uni
Adalah   gabungan   dari  2 atau  beberapa   negara  yang  mempunyai    seorang
Kepala   negara.
Negara   Protektorat
Ialah   suatu   negara   yang   berada    di  bawah   perlindungan     negara   lain. Perlindungan     ini  umumnya    adalah   turut   campurnya    negara   pelindung dalam   urusan   Luar  negeri..
-Pemerintah
Pemerintah  merupakan  salah satu unsur penting daripada negara. Tanpa Pemerintah, maka negara tidak ada yang mengatur. Karena Pemerintah merupakan  roda  negara,  maka tidak  akan  mungkin  ada suatu  negara  tanpa Pemerintah.
2.Warga Negara dan Negara
Unsur penting suatu negara yang lain adalah rakyat. Tanpa rakyat, maka negara itu hanya ada dalam angan-angan. Termasuk rakyat suatu negara adalah meliputi  semua  orang  yang bertempat  tinggal  di dalam  wilayah  kekuasaan negara tersebut dan tunduk pada kekuasaan negara tersebut. Dalam hubungan ini rakyat diartikan sebagai kumpulan manusia yang dipersatukan  oleh suatu rasa persatuan  dan yang bersama-sama  mendiami  suatu wilayah  tertentu.
·         Asas Kewarganegaraan

Adapun   untuk  menentukan   siapa-siapa   yang  menjadi   warganegara, digunakan  2 kriteria yaitu:
-Kriterium kelahiran menurut asas keibubapaan atau disebut pula “lus   Sanguinis”
-Kriterium  kelahiran  menurut  asas  tempat  kelahiran  atau  “Ius Soli”
·         Hak dan Kewajiban  Warga  Negara Indonesia
Contoh terdapat dalam pasal 29 ayat 2 yang berbunyi : Negara    menjamin    kemerdekaan     tiap-tiap     penduduk untuk   memeluk   agamanya    masing-rnasing     dan  untuk beribadat   menurut   agamanya   dan  kepercayaannya     itu (hak     untuk     beragama     dan    beribadat     menurut kepercayaan    masing-rnasing      ,     selama     agama    dan kepercayaan    itu  diakui   Pemerintah).









Tidak ada komentar:

Posting Komentar