Halaman

Jumat, 02 Januari 2015

PENGALAMAN PRIBADI BAB 6



PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT
PENGALAMAN PRIBADI

            Sebelum saya menceritakan pengalaman saya, saya akan memberikan pengertian tentang pelapisan social yaitu Masyarakat terbentuk dari individu-individu. Individu-individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok-kelompok  sosial.  Dengan adanya atau terjadinya kelompok sosial  ini maka terbentuklah suatu pelapisan  masyarakat atau terbentuklah  masyarakat  yang berstrata.
       Saya pernah memiliki teman pada masa Sekolah menegah pertama , ia seoarang yang periang namun sering sekali ia diam ketika mendekati ujian. Setelah saya selidiki kenapa dia sering diam ternyata ia selalu memikiran biaya sekolah, karena jika ia tidak membayar biaya sekolah ia tidak akan diancam tidak boleh ikut ujian. Padahal dijakarta sudah wajib sekolah 9 tahun. Namun  pada tempat saya sekolah belum diterapkannya system itu.
            Dari kutipan pengalaman saya diatas bisa dikatakan bahwa perbedaan antara pendidikan di Jakarta dan tempat saya sekolah membuat perbedaan antara sekolah-sekolah di Indonesia , seharusnya kejadian seperti ini harus ditindaki dengan baik. Agar generasi bangsa nantinya akan menjadi generasi yang mengingat bangsanya. Namun akan beda jika ia berhasil tanpa bantuan bangsanya ,mungkin ia akan meninggalkan negara ini. Bayangkan jika hal itu banyak dilakukan sebagian orang besar. Mungkin Indonesia akan menjadi negara yang tertinggal dan ditinggalkan.
            Jika Indonesia memperhatikan warganya dengan sama tanpa membeda-bedakan mungkin warganya akan selalu membayar pajak tepat waktu. Tapi karena Indonesia hanya memperhatikan kalangan masyarakat diatas rata-rata, maka yang membayar pajak hanyalah masyarakat yang diatas rata-rata saja.
            Bisa disimpulkan bahwa jika kita memperhatikan suatu kelompok maka kelompok tersebut akan membalas hal yang sama dan sebaliknya. Sekian dari pengalaman saya , Terimakasih dan Wassalammualaikaum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar