Halaman

Jumat, 02 Januari 2015

FUNGSI AGAMA DAN MASYARAKAT



FUNGSI AGAMA DAN MASYARAKAT

1.FUNGSI AGAMA
Fungsi   agama   dalam   pengukuhan   nilai-nilai,     bersumber    pada  kerangka acuan  yang  bersifat   sakral,   maka  normanya   pun  dikukuhkan    dengan   sanksi-sanksi   sakral.   Dalam   setiap   masyarakat    sanksi   sakral   mempunyai    kekuatan memaksa  istimewa,  karena ganjaran  dan hukumannya  bersifat duniawi dan supramanusiawi     dan  ukhrowi.
Fungsi   agama   di bidang   sosial    adalah   fungsi   penentu,    di    mana  agama menciptakan    suatu  ikatan  bersama,   baik  di  antara  anggota-anggota     beberapa masyarakat   maupun dalam kewajiban-kewajiban     sosial yang membantu mempersatukan     mereka.
Fungsi   agama   sebagai   sosialisasi     individu   ialah    individu,     pada  saat  dia tumbuh   menjadi    dewasa,    memerlukan    suatu   sistem   nilai    sebagai    semacam tuntunan    umum   untuk   (mengarahkan)       aktivitasnya       dalam    masyarakat,     dan berfungsi   sebagai    tujuan   akhir  pengembangan     kepribadiannya.      Orang   tua  di mana   pun   tidak   mengabaikan     upaya    "rnoralisasi"       anak-anaknya,        seperti pendidikan     agama   mengajarkan     bahwa    hidup   adalah     untuk   memperoleh keselamatan    sebagai   tujuan  utamanya.   Oleh  sebab  itu,   untuk  mencapai   tujuan tersebut   hams    beribadat     dengan   kontinyu     dan  teratur.    membaca    kitab    suci dan  berdoa   setiap  hari,   menghormati    dan  mencintai     orang  tua,  bekerja   keras, hidup   secara   sederhana,     menahan    diri   dari   tingkah    laku    yang   tidak  jujur, tidak    berbuat   yang   tidak   senonoh   dan   rnengacau,    tidaklah     berdansa,    tidak minum-rninurnan    keras,   dan   tidak   berjudi.    Maka   perkembangan     sosialnya terarah   secara   pasti   serta  konsisten   dengan   suara hatinya
   diklasifikasikan     berupa  keyakinan,   praktek,   pengalaman,     pengetahuan, dan  konsekuensi:

a.Dimensi    keyakinan    mengandung    perkiraan    atau   harapan    bahwa   orang yang  religius   akan  menganut   pandangan   teologis    tertentu,   bahwa  ia  akan mengikuti    kebenaran    ajaran-ajaran    agama.
b. Praktek  agama  mencakup   perbuatan-perbuatan     memuja  dan berbakti,   yaitu perbuatan    untuk    melaksanakan        komitmen     agama    secara    nyata.    Ini menyangkut,  pertama, ritual, yaitu berkaitan dengan seperangkat  upacara keagamaan,      perbuatan    religius      formal,     dan   perbuatan    mulia.    Kedua,
berbakti  tidak bersifat    formal   dan tidak  bersifat   publik  serta relatif  spontan.
c.    Dimensi    pengalaman     memperhitungkan       fakta,    bahwa    semua    agama mempunyai   perkiraan   tertentu,   yaitu  orang  yang  benar-benar   religius  pada suatu   waktu   akan   mencapai    pengetahuan    yang   langsung   dan  subjektif tentang  realitas  tertinggi,   mampu  berhubungan,    meskipun   singkat,  dengan suatu  perantara   yang  supernatural.
d.   Dimensi  pengetahuan   dikaitkan  dengan  perkiraan,  bahwa  orang-orang   yang bersikap   religius   akan  memiliki     informasi   tentang   ajaran-ajaran    pokok keyakinan      dan   upacara   keagamaan,    kitab    suci,    dan   tradisi-tradisi keagamaan   mereka.
e.      Dimensi    konsekuensi     dari   komitmen    religius    berbeda    dengan   tingkah laku  perseorangan    dan  pembentukan    citra  pribadinya.
2.   PELEMBAGAAN AGAMA
Agama    begitu   universal,    permanen    (langgeng),    dan   mengatur    dalam kehidupan,    sehingga    bila   tidak   memahami    agama,   akan   sukar   memahami masyarakat.   Hal yang  perlu  dijawab  dalam  memahami   lembaga  agama  adalah, apa  dan  mengapa   agama   ada,   unsur-unsur    dan  bentuknya    serta   fungsi   dan struktur   agama.
Masyarakat    yang  Terbelakang    dan  Nilai-nilai    Sakral
Masyarakat-masyarakat       Praindustri    yang  Sedang   Berkembang
Dari  contoh   sosial,   lembaga   keagamaan    berkembang    sebagai   pola ibadah,   pola  ide-ide,   ketentuan    (keyakinan),    dan  tampil   sebagai   bentuk asosiasi    atau   organisasi.     Pelembagaan     agama   puncaknya    terjadi   pada tingkat   intelektual,    tingkat   pemujaan    (ibadat),    dan  tingkat   organisasi.
Tampilnya   organisasi   agama  adalah  akibat  adanya  "perubahan   batin" atau kedalaman   beragama,   mengimbangi   perkembangan    masyarakat   dalam hal alokasi  fungsi,  fasilitas,   produksi,   pendidikan,   dan  sebagainya.   Agama menuju  ke pengkhususan   fungsional.   Pengaitan   agama  tersebut  mengambil bentuk   dalam   berbagai   corak   organisasi     keagamaan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar