Halaman

Jumat, 02 Januari 2015

PENGALAMAN PRIBADI BAB 7



MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN
PENGALAMAN PRIBADI
           
            Sebelum saya menceritakan pengalaman saya berinteraksi dengan masyarakat pedesaan dan perkotaan saya akan memberikan pengertian tentang masyarakat itu sendiri Bahwa masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telaha cukup lama hidup dan bekerjasama,   sehingga   mereka  ini  dapat  mengorganisasikan    dirinya berpikir  tentang  dirinya  dalam  satu kesatuan  sosial dengan  batas-batas tertentu
            Belum lama ini saya pernah tinggal sekitar seminggu dipedesaan daerah bandung. Disana saya sering mengikuti aktifitas teman saya dan saya juga sering berinteraksi dengan masyarakat sekitar, walupun saya tidak terlalu bisa namun saya mencoba untuk mengikuti logatnya saja. Saya benar-banar merasakan kenyamanan ketika berada di sekitar meraka, sapaan yang halus dan penuh santun membuat hati saya tenang dan tentram.
            Ceritanya berubah ketika saya kembali ke Jakarta , suasana yang bising dan penuh keributan membuat saya ingin kembali ke desa. Contoh kecil saja ketika saya menayankan alamat didesa saya merasa seperti raja, karena orang tersebut sampai ingin mengantarkan saya. Beda dengan dikota ketika saya bertanya , terkadang sering keluar kata-kata yang membuat kesal hati saya.
            Terdapat jelas perbedaan watak antara masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaaan. Menurut penelitian itu semua karena suasana tempat tersebut , saya setuju dengan hal tersebut. Karena jika di pedesaan cuacanya selalu sejuk dan tenang , itu membuat sikis masyarakatnya menjadi tenang . Sedangkan di perkotaan dengan suasana yang panas dan tingkat kebisingan yang luar biasa tinggi, membuat siapa saja yang berada disana memiliki sikis yang selalu penuh emosi dan jika telah meledak emosinya maka bisa sering terjadi keributan.
            Dari kutipan cerita pengalaman saya diatas dapat diambil pelajaran bahwa kita harus bisa menyesuaikan keadaan kita di desa mau pun dikota , maksudnya menyesuaikan dikota kita tidak perlu ikut-ikutan emosi. Tips dari saya jika anda sering ada di daerah kota besar, bawalah air mineral ,karena air bisa membuat sejuk jiwa dan sudah pasti hati kita pun akan sejuk dan tidak terbawa dengan tingkat kebisingan.
            Sekian dari pengalaman pribadi saya tentang memahami dan interaksi dengan masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan. Saya harap anda bisa mengambil hikmah dari pengalaman saya. Terimakasih dan wassalammualaikaum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar