Halaman

Jumat, 04 Oktober 2013

ONDEL-ONDEL dari Betawi

                    Bicara mengenai Ondel-ondel ,pastinya bagi orang jakarta bukanlah suatu hal yang aneh .Karna ondel ondel sendiri memang asli budaya dari jakarta ,kalau masih ada yang belum tau ondel-ondel ,nih saya kasih tahu . Ondel-ondel adalah boneka raksasa yang terbuat dari bambu ,dan biasanya dibuat berpasangan yang artinya ada yang pria and wanita .
                    Kita akan bahas ondel-ondel lebuh detail lagi ,ondel-ondel memiliki tinggi biasanya mencapai 2,5 meter ,dengan menggunakan rambut yang terbuat dari  bambu yang di hiaskan kertas berwarna warni ,dan untuk  wajah menggunakan kayu yg sudah di ukir seperti mimik wajah dan di lukis . Umumnya ondel-ondel pria nampak lebih seram dan biasanya membuat anak-anak ketakutan ,sedangkan yang wanita nampak cantik .Dan umumnya warna wajah pria berwarna merah dan wanita berwarna putih ,namun ini tidak ada hubungannya dengan bendera kebangsaan kita ,karna ondel ondel sudah ada sejak ratusan tahun lalu .untuk lebih jelasnya kita bahas yukk mengenai asal usul si ondel-ondel ini .
                     Mengenai asal usul ondel-ondel itu sendiri iyalah ,dahulu kala ondel-ondel diciptakan untuk maksud mengusir bala dan roh halus yang mengganggu ,dan tidak ada yang bisa memastikan kapan ondel-ondel ini ada ,karna hanya bisa di perkirakan ,kira kira ratusan tahun lalu bahkan sebelum negara ini merdeka.Dan ondel ondel sebenarnya tidak hanya ada di jakarta melainkan ada di beberapa pulau ,namun hanya saja sebutan dan hiasanya yang berbeda ,misalnya seperti di pasundan yang di kenal Badawang, di Jawa Tengah disebut Barongan Buncis, sedangkan di Bali lebih dikenal dengan nama Barong Landung. Di Jakarta sekarang ini ondel-ondel sering di gunakan sebagai arak-arakan sunat dan pernikahan ,lazimnya hanya di arak oleh 2 ondel-ondel yaitu pria dan wanita saja . Seiring berjalannya waktu ,kini ondel-ondel digunakan untuk acara  peresmian penting yang ada di jakarta seperti peresmian PRJ (pekan raya jakarta) ,yang di iringi tanjidor (musik tradisiolan jakarta).                       
                       Setiap budaya pasti memiliki keunikan masing masing ,yuk kita baca lagi apa saja sii keunikannya. Ondel-ondel yang banyakkita jumpai di sudut kota jakarta sering mengundang desut hati parawisatawan  untuk melihatnya , karna selain bentuknya yang besar ,ondel-ondel di iringi musik tradisional jakarta yang lantunannya sesuai dengan goyang ondel-ondel .Selain itu mimik wajah ondel -ondel yang tak selalu sama membuat orang lokal pun tak segan segan memberhentikan motornya sejenak untuk melihat .dan yang uniknya lagi ,ternyata membuat ondel -ondel tidak seperti membuat boneka pada umumnya , karna ondel-ondel warisan leluhur jadi pembuat tidak sembarang dalam membuat ondel-ondel ,karna biasanya disediakan sesajen yang antara lain berisi bubur merah putih, rujak-rujakan tujuh rupa, bunga-bungaan tujuh macam dan pembakaran kemenyan .Dan biasanya upacara seperti ini dinamkan "Ukup" atau "Ngukup".
                        Dan  nilai-nilai sejarah lokal yang melatarbelakangi ondel-ondel  itu penting ,dari pembahasan di atas tadi kita sudah bisa mengetahui latarbelakang ondel-ondel ,yang dahulunya di gunakan untuk mengusir bala dan roh halus. Masyarakat lokal menganggap bahwa ondel-ondel sebagai upacara atau ritual ,tetapi pada jaman sekarang ondel -ondel bagi masyarakat lokal merupakan hiburan semata ,dan sampai sekarang budaya seperti ondel-ondel masih ada dan dapat dijumpai di sudut kota jakarta walaupun nilai-nilai sejarah yang dulu telah hilang .
                       Ok sampai sini dulu postingan saya ,di lain waktu akan ada postingan postingan yang engga kalah menarik dari ini .jangan lupa komentarnya yaa  Wassalammualaikum.Wr.Wb :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar